Kumpulan cerita dari travelling tahun 2014

Setelah tahun - tahun lalu saya hampir jarang ada di Indonesia alias sering jadi TKW, November tahun lalu saya stop travelling dan berencana untuk stop di tahun 2015 dan ngambil project Indonesia dengan jangka waktu lama. Jujur sih pas belakangan saya pergi ke beberapa tempat sama temen-temen kaya ke Ancol terus beberapa mall, keliatan banget banyak perubahan dan seneng juga sih bisa balik ada disini lagi =D.
Berikut saya ceritakan beberapa rangkuman cerita yang lucu, sedih dan seneng dari negara yang saya kunjungi, such as Laos, Thai, and Phil

Tahun lalu dua kali ngunjungin Laos, Februari dan Oktober sebagai trip terakhir tahun lalu.
As usual saya selalu pergi sendirian, trip Februari itu trip kedua saya sebelumnya tahun 2013 saya pernah kesana naik Air Asiaa - transit - lanjut naik Lao Airlines tapi kali ini beda si client minta dari Bangkok saya naik pesawat ke Udon Thani kemudian diminta naik Travel ke perbatasan Thailand - Laos namanya Friendship Bridge dan disana bakal dijemput sama driver si client. Such a long way dan itu jauh banget hampir seharian perjalanan saya, si client janjiin ketemu di 7eleven deket perbatasan itu dan minta supir travel turunin disana. Ternyata si supir ga bisa ngomong bahasa Inggirs, well untung ketemu mas ganteng yang duduk sebelah saya dan bisa berbahasa yang ngertiin ke si abang travel. Setelahnya saya aman karna si driver dengan mudah recognize saya yang pake kerudung karna disana gak ada yang kaya saya (mungkin cute nya juga sih :p).

Bener-bener pengalaman dan hal baru karna pas sampai sana saya harus ngurusin passport untuk di cap di Imigrasi dan muter-muter sama drivernya, mana dia ga ngomong bahasa inggris lagi kan saya serba salah dan bingung mau lakuin apa. Ada hal-hal unik yang ada disana seperti :
1. Client saya ini pabrik pembuat baju, dia ceritain ke saya tentang karyawannya dengan gaji yang sebenarnya di bawah dari Indo tapi mereka gak ada tuh acara demo-demo an.
2. Tempat sekitar pabrik ada yang jual makanan murah gitu, bahkan murah banget. Client saya sih ga bolehin saya makan disana tapi saya liat-liat aja.
3. Makanan favorit saya adalah Nasi Goreng seafood depan Universitas Lao~
4. Mereka on time, datang on time. Tiap makan siang ada bel makan dan ada bel masuk lagi jam 1. dan pulangnya on time jam 5.
Next Trip on October, i did not expect that i'd went there again karna tiba-tiba bangget. Disana nyoba-nyoba makan sushi seafood sih yang ternyata ada di sekitaran hotel dan ternyata itu enyaaaaaaak :3. Dan hal lucunya adalah saya disana kan ketemu lagi sama HR manager yang seumuran sama si kakek saya dan rencana dia emang mau pensiun tahun ini. Dia baik banget tapi kadang saya ga ngerti dia ngomong apa. Si doski nemenin saya makan siang tiap harinya dan saya milih buat diem aja karna emang saya bingung harus bahas apa kalau gini. Waktu itu lagi ramenya Jokowi dan dia bahas-bahas soal pak Presiden yang sederhana banget dengan baju khasnya yang itu -itu aja..ahahahaha
Si bapak mungkin anggap saya kek cucunya, dia seneng motoin saya gitu sampe hari terakhir dia minta saya bak foto model di restoran buat foto2 sampe pas mau pulang dia ngasih amplop dan minta saya buka saat itu juga. Pas saya buka ternyata itu kumpulan foto saya yang dia print, wkwkwkkw . Speechless, dan gatau harus gimana sampe orang-orang disana ketawa-ketawa gitu tapi jujur ini berkesan banget buat saya, baru kali ini meskipun sebelumnya partner saya pernah kasih saya sepaket coklat Ferrero Rocher bentuk hati =D

Pas di Thai, ga banyak sih lagian saya ga main-main, cuma sekedar Transit. Kalaupun ada cuma seharian diem di bandara dan saya ketemu beberapa orang muslim disana dan sempet ngobrol-ngobrol. Katanya mereka muka saya mirip sama orang Thai jadi banyak yang ngajak ngomong bahasa Thai,.hihihi

Di Philippine inilah semua cerita menjadi satu, semua pengalaman ada. Terlihat dari posting saya sebelumnya yang soal perpanjangan visa atau hal lainnya. Saya rangkum lagi disini :
1. Kerja mati-matian lebih dari sebelumnya, dimana bangun super pagi (masak, beres-beres) terus pulang larut, weekend tetep masuk -.-
2. Belajar bahasa tagalog sedikit-sedikit. kaya : dito (disini), ate(tante), kuyah(paman) lucu pertama kali saya ngomong kuyah jadi inget kura2 =D, dan beberapa hal lain sampe akhirnya selama 3 bulan itu setidaknya saya bisa komunikasi sedikit-sedikit pake tagalog.
3. Perpanjangan visa yang bikin ribet
4. Nunggu taksi yang sama lamanya kaya nunggu jodoh, bisa berjam-jam sampe bete banget
5. Ketemu partner yang beragam, dari mulai yang alay yang hobbi banget selfie dan godain saya tiap hari, yang doyan kerja sorenya kuliah sama yang suka anime kaya saya.

But overall, saya beruntung banget bisa keliling ke beberapa negara dan such an honor dapat dipercaya buat wakilin company.