Trip to Philippines

Life is full of happiness if you enjoy with your life. Saya Mahasiswa semester 3 dan pekerja yang sedang mencoba menikmati hidup ini, walau kadang hidup ini tidak sesuai dengan yang kita harapkan. Kerja sambil kuliah Online itu.....................................
Kuliahnya sih online, bisa menyesuaikan tapii kan tetep aja sering ga fokus dan keteteraaan. Sudah 7 bulan belakangan ini tiap bulan pergi ke Negara Asing buat kerjaan. Negara ini paling sering saya kunjungin ~ Philippines. Banyak banget hal yang terjadi disana dari hal unik, bodoh, malu2in, dan hal baik. Trip pertama kesana yaitu pergi tengah malem dari Jakarta, wah sudah ngantuk banget mau tidur tapi takut ketinggalan, berangkatlah dari kost jam 8 (karena kalau kemaleman saya takut di jalannya), hebatnya saya yang biasanya selalu tidur di jalan, 5 menit setelah duduk pasti tidur dan kali ini saya ga bisa tidur karena saya takut jadi sepanjang jalan cuma ngeksis di Sosmed. Pas sampe di Bandara itu tuh udah 5 watt banget jadi harus di ganjel2 nih mata mana antriannya masya allah panjang sekalii. Trip kedua juga masih sama dan bodohnya di trip kedua saya salah terminaal *ga fokus. Abang taxinya kan tanya "Mba terminal berapa?", saya bilang terminal tiga kayanya mas, padahal terminal 3 itu domestic dan Air Asia =(, pinter banget kan akhirnya harus muter ke terminal 2 dengan nunggu Shuttle Bus, ckckckck efek ngantuk itu. Tapi untunglah trip ketiga saya ga naik pesawat itu lagi, jadwalnya pun di siang hari jadi kan saya bisa santai dulu, tapi tetep aja bodoh. Kualat sih sama omongan sendiri jadinya rusuh gitu karena nama dipanggil-panggil suruh ke pesawat karena dah telat.
Dua kali sampe disana itu pagi buta, pertama kali sampe kan langsung ke hotel dan ternyata ga bisa masuk kamar karena check in nya jam 2. Luntang-lantunglah bawa koper sama boneka doremon saat itu (duh itu kebayang yah muka pas waktu itu jelek banget, mana lusuh belum mandi kan). Disana ketemu abang saptam yang baik yang mau minjemin hpnya buat sms si partner, tapi smsnya ga dibales-bales. Akhirnya saptam hotel kasian dan disuruh pindahlah ke ruang HRD buat duduk-duduk cantik. Belum tidur kan dari malem, tidur si di pesawat tapi mana enaak, tidur di ruang HRD juga ga enak lagi, partner ga dateng-dateng kan, akhirnya skype koko "Ko, aku udah di hotel, tapi ga bisa masuk. Partnernya ga dateng-dateng =(" dan koko bilang "Iya, tunggu aja ya nov, gw juga dulu gitu". Ya ampun ternyata sama-sama dari dulu begini juga keadaannya. Jam 10 datenglah si partner, bak muncul secercah harapan saya seneng banget karna ada seseorang yang akhirnya sadar keberadaanku dan bawa saya keluar dunia itu~~. Hari itu kan jadwal ketemu client, dan saya pasti minta mandi dulu lah ya orang sampe tadi pagi belum mandi gitu ga enak banget badan. Eh dia bilang kita langsung aja ketemu client, dan saya cuma "Whaat...." terus speechless, duh muka ga jelas banget lagi dandanan juga, hari itu pake celana jeans, kaos strip-strip, jaket kulit dan sepatu olahraga. Setelan maen banget kan tapi dia maksa, akhirnya cuma cuci muka doang =(. But well saya tetep cute-cute ko =D.
Pertama kali ketemu partnernya baik banget, saya panggil dia Ma'am Janet, selama trip pertama dan kedua dia bagai ibu yang baik banget sama saya, tiap pagi jemput di hotel, pulangnya dianterin dan dia selalu jaga makanan saya. Sekarang dia sakit, dirawat di daerahnya. trip ketiga kemarin tanpa dia rasanya hampa banget, dia itu pinter banget presentasi dan semuanya, cepet sembuh ya mam. Ada dua orang lagi partner yang satu cowo alay dan yang satu cwe usia 19 th an. Kalau boleh jujur sebel banget sama si cwo alay, hobinya selfie dan ngebully. Selama disana banyak-banyak sabar deh sama inih orang tapi sudahlah kalau banyak nyeritain cwo ini jadi kesel sendiri entarnya.
Selama trip ketiga disana rasanyaa huh banget, saya berangkat jam 9 dan pulang jam 8 malem, ga bisa langsung tidur karena masih harus kerjain project yang lain, baru bisa tidur jam 1 atau jam 2 dan itu ga bisa tidur karena hal-hal lain dan jam 6 udah harus bangun dan siap -siap lagi. Cape sih tapi gimana ga semua orang mau tau hal-hal ga bagus yang terjadi disana, mereka cuma mau denger kerjaan beres ga peduli sampe orangnya yang ngerjain guling-guling atau jungkir balik kan.

Saya ceritain tentang Philippinesnya aja deh yaa. Well, disana ituuuuu orang-orangnya hampir semua bisa bahasa inggris ga kek di Indo, pelayan restoran, satpam, abang taxi , pekerja di hotel dan di client juga pas pergi jalan-jalan semua ngerti. Walau ga lancar amat mereka tau dasarnya. Disana ada kendaraan mirip dengan angkot kita namanya Jepney, harganya murah dan dia pergi ke tujuan-tujuan kaya angkot kita. Banyak banget pekerja yang tiap pagi naik jepney karena mereka bisa hemat kan jadinyaa dan jepney sih sepengellihatan saya nyaman lah yaa, terus di Jepneynya ada tulisan kalau mobil ini ngebut, bermasalah atau apa bisa call ke No..... beda banget sama angkot kita dan kopaja yang sering ugal-ugalan di jalan. Tapi saya ga berani naik sih karena lebih prefer naik taxi yang sampe depan kantornya, kalau naik jepney rutenya ga sampe kantor dan harus jalan lagi~~.  Trip ketiga kemaren disana lagi panas bangeeet, tiap pagi kadang saya jalan karena pengen liat suasananya juga dan itu itung-itung olahraga deh. Cari makannya gimana? well, saya makan fast food terus makanya gagal diet =(, ceritanya lagi diet ga makan-makan fast food karena saya suka banget sama ayam utamanya KFC, nah disana itu karena bingung makan apa jadi makan yang sejenis-jenis ayam om KFC deh. Sempet sakit banget perut karena kebanyakan makan yang ga sehat gitu tiap hari, jadi kadang cuma makan roti. Tiap jajan harus tanya dulu "No pork?" kalau enggak kita tuh gatau bahwa disitu itu ya mengandung-mengandung..Ada makanan khas sana  yang enak namanya Kare-kare dan Sisig. kare-kare tuh dari seafood kare rasanyaa enaak dan sisig itu ikan khas sana yang ga kalah enaknya juga, kalau kesana nyesel kalau ga coba^^.
Dua kali dapet hotel disana tuh yang sebelahan sama bar, what the =(. Itu tiap malem ga bisa keluar karena takut, saya kan takut tuh sama ewer-ewer (nama ini sebenernya adalah nama buat banci yang disadur dari bahasa anak-anak jawa yang lihat banci di kereta nyanyi wer ewer ewer), itu dia berkeliaran deket sana begitu juga perempuan-perempuan seksi juga cwo-cwo sereem. Makanya tiap pulang dari client langsung ke kamar dan nyalain tv keras-keras biar ga kedengeran itu. Banyak orang yang tanya kalau siang hari saya keluar "Muslim, why are you here?", mereka mungkin heran kenapa saya berkelilaran di tempat yang banyak barnya gitu, tapi gimana lagi no choice lah. Tapi alhamdulilllah puji syukur selama disana saya dilindungi dan ga kenapa-kenapa karena saya selalu pergi sendirian, Papa selalu bilang "Inget yah, kalau mau pergi baca do'a yang artinya Saya meminta perlindungan kepada Allah dari segala kejahatan dari Makhluknya dan yakin Allah selalu ngellindungin teteh dimanapun teteh berada", saya selalu inget itu dan baca do'a. Alhamdulillah makanya.  Pertama kali kesana di tempat client saptamnya serem banget, mereka bawa-bawa pistol gede, kontan saya shock dan tanya itu pistol ada pelurunyaa, serem banget bu. dan partner saya bilang itu cuma buat perlindungan, wow sekali deh.
Trip kedua saya ga berani kemana-mana pas hari libur karena takut juga dengan lingkungan sekitar, tapi trip ketiga kemarin saya beraniin keluar karena nyesel banget udah disana ga kemana-mana. Beberapa hari sebelum partner janjiin jalan-jalan bareng tapi nyatanya cuma PHP doang, pas hari H ga kasih kabar lagi, ya saya nungguin lah ya dah saya sms dan chat ga di bales. Kesel sih iya tapi yaudahlah kalau kita bales kita sama aja kaya dia, saya yakin Tuhan pasti bales dia tapi lewat orang lain. Saya akhirnya beraniin berangkat sendiri ke Kota Tuanya Manila namanya Intramuros. sebelumnya dah beli tongsis buat Selfie-selfie jadi ga usah minta tolong orang, tapi pas sampe sana itu panas banget dan banyak abang-abang delman yang nawarin buat keliling, jadi yaudah saya terima aja karena saya juga jujur gatau harus kemana dan saya ga googling loh disana ada apa aja :$. Disana abangnya cerita tentang tempat-tempatnya dan foto in saya, hahaha. Berasa jadi model deh waktu itu. Saya ke sungai yang deket sana, airnya masih bersih sekali beda banget sama disini, tapi  ya gitu disana banyak orang-orang kaya disini, ga punya rumah dan tinggal di pinggiran sungai, bajunya kucel dan mereka tidur disana. pas lagi kesana sedih banget liat cwe yang ngambilin makan dari tempat sampaah.

Ceritanya pergi ke museum tapi pas masuk auranya udah ga enak, jadi karena takut saya balik lagi *baru 3 menit masuk. Dari dulu itu penakut banget dan takut sama hal-hal gituan jadi daripada kenapa-kenapa mending menghindar aja kan.Disana ga lama, karena panas banget ntar dapet bonus H lagi =( dan mutusin buat tiduran di hotel aja.
Banyak hal yang terjadi tanpa kita rencanakan, yakinlah rencana Tuhan adalah sebaik-baik rencana yang telah ada.