Pelupa Akut





Sering ketemu banyak orang, membuat saya susah menghafalkan nama bahkan sejujurnya masih sejak dulu saya gampang lupa, misalnya saat baru masuk SMA dan tak sengaja bertemu dengan teman SMP. Padahal dulu kita pernah sekelas ketika kelas 3 dan lumayan dekat tapi sempat-sempatnya saya lupa nama. Namanya Maya dan kami tak sengaja bertemu di Department Store.

Maya : Hai...
Me : eh Hai..
Maya : Gimana kabarnyaa, sekarang dimana?
Me : baik, sekarang di SMK 1. Eh km dimana?

Dan akhirnya setelah percakapaan jauh ke kanan dan ke kiri saya masih ga inget dia siapa dan akhirnya beranikan diri bertanya "Btw kamu itu siapa yaa?". Rasanya buat dia pasti gubrak sekali dengarnya setelah percakapan ke kanan kiri ternyata saya tidak ingat namanyaa.

Memang memalukan karena kejadian ini sering terjadi, saya sering sekali lupa teman-teman saya bahkan terkadang malah Ibu yang ingat teman-teman saya ketika saya unjukkan fotonya. Dan yang paling lucu adalah ketika teman saya coba memberikan clue-clue tentang kami dan saya masih tidak ingat hingga dia cukup marah juga. Namanya Anisa, dia adalah teman TK dan SMP saya dan kami cukup dekat. Hampir setiap hari kami berangkat bersama ketika TK dan karna skandal pada SMP dia keluar dari sekolah dan melanjutkan di tempat lain. Satu tahun lalu Icha dapat kontak BBM saya dan kirim DM :

Icha : Hai...kangen...
Me : Hai...hehehee
Icha : dimana sekarang ?sombong yaah
Me : lagi di rumah, btw ini siapa yah?sorry fotonya ga jelas..hehe *kebetulan fotonya waktu itu ga jelas jadi bisa ngeles dikit
Icha : ini Icha , ak ganti dpnya deh.
Me : ooh ok.. * ga lama icha ganti dp dan chat lagi
Icha : tuh udah ganti, inget kan sekarnag?
Me : Oooh. masih ga inget..:$
Icha : iih ovi, ini icha. Anisa loh masa kamu ga inget?muka ak masih gini-gini aja vi.
Me : hmmm maafin aku masih ga inget. *saya udah berusaha keras untuk inget dan tetep ga inget -_-
Icha : ya ampun kita sering bareng loh,ak aja inget kamu masa kamu enggak ?

Mulai deh saya jleb, pas kebetulan Mama lewat dan saya tanya "Maa, kenal ga sama orang ini, katanya temen aku masa ma. Ko aku ga inget yaa?mungkin mama tau?" dan dalam itungan detik mama langsung inget "laaah ini kan Icha, temen kamu pas TK dan SMP. Pas TK kan kalian sering main bareng?Yang anaknya temen mama. Kamu dulu deket neng". Dan otak muter keras tapi ga inget juga akhirnya mama bilang lagi "Yang rumahnya di gang itu loh, yang tinggi kriiting dan agak reman"..Akhirnyaa baru deh inget lagii. Ampun saya susah banget inget itu orang padahal memorinya banget.

Hal ini pasti bikin sedih orang yang kita ga bisa inget, karna pasti ada banyak memori yang kita laluin bersama. Oleh karna itu saya coba beberapa trik biar inget sama orang dan kadang rekan kerja sendiri juga biar saya ga lupa.

Ulangi

Saat pertama kali bertemu seseorang, ulangi namanya dengan ucapan Anda, Anda bisa mengucapkan kata-kata seperti," Halo, Dodit."

Kuatkan ingatan Anda dalam hati

Beri sebuah julukan atau deskripsi satu singkat untuk menggambarkan orang tersebut seperti "Nana rambut panjang" , Anda tidak perlu mengucapkannya dengan keras.

Rekam

Catat nama orang-orang yang baru saja Anda kenal pada smartphone atau notes kecil.

Dan jika masih gagal...

Jika Anda mengalami saat-saat sulit seperti bertemu dengan orang yang telah berkenalan dengan Anda sebelumnya, tetapi Anda tidak dapat mengingat namanya. Ingatlah sesuatu tentang dia yang membuatnya tidak merasa Anda lupakan. Dan anda juga dapat meminta maaf dengan mengatakan bahwa Anda memang sulit untuk mengingat nama orang, misalnya, "Maaf, saya memang sulit mengingat nama orang, tetapi saya pernah bertemu Anda di restoran Jepang beberapa waktu yang lalu." Anda juga dapat langsung memperkenalkan diri padanya dengan menyebut nama Anda (meskipun itu sudah pernah Anda lakukan), karena belum tentu dia mengingat nama Anda juga.

Ya walaupun mungkin trik ini cuma bertahan beberapa waktu at least ada yang bisa diinget untuk beberapa waktu, selain itu Notes juga sangat bermanfaat, karna saya sering lupa saya jadi sahabatan dengan Sticky Notes di laptop atau sticky notes biasa. Di Meja tiap hari saya buat sticky notes karna supaya tidak ada lagi missing to do list atau lupa lagi sama orang. cckckck

Komentar

Postingan populer dari blog ini

--Sakit Panjang--

Hi...We met again...

Habis Skripsi Terbitlah Tesis~