New Journey ~ Vietnam

Udah lama ga update blog, dan pas di cek blog nya udah penuh dengan sarang laba-laba..ckckckck.
Kali ini pengen nulis tentang pengalaman 10 hari di Vietnam , bukan jalan-jalan tapi kerja sambil jalan-jalan..hihihi.
Ga pernah kepikiran kalau bakal pergi ke Vietnam, dan itu bener-bener dadakan satu minggu sebelum dikasih tau harus pergi sama PM baru dan yah gitulah itu first time ke LN juga. Udah satu tahun lebih kerja di DataOn dapet project luar dan sebelumnya dapet project Malay sayangnya ga pernah ke Malay, sedih banget kan ? Tapi akhirnya alhamudillah segala puji bagi Allah yang selalu menyiapkan rencana terbaik bagi hamba-hambanya, saya bisa pergi ke Vietnam untuk implementasi projek. Ga semua hal bisa berjalan dengan mulus begitu pula projek ini, pas pergi kesana ada aja halangannya dan akhirnya kita berangkat hari Minggu tanggal 15 September itu dari Bandara Soekarno Hatta, untungnya ada PM sii jadi saya ga bingung mau kemana kemananya dan harus ngapain aja. Tujuan utama kita ke Hanoi, tapi pesawatnya harus transit dulu di Ho Chi Minh, itu adalah kota juga di Vietnam dan sekarang jadi negara komunis, ga sempet jalan-jalan si karena harus cepet pergi lagi lanjutin perjalanan ke Hanoi, btw di pesawat yang mo ke Ho Chi Minh saya tidur tuh di pesawat *selalu tidur di perjalanan, pas gitu kebangun dan disebelah ada dua cwo gitu dan pas saya noleh mereka memandang dengan tatapan aneh, mungkin katanya "Ni orang tidur mulu dari tadi, kasih makanan jangan yah, kasian juga yah, dan lainnya.". Ceritanya malem banget sampai hanoi dan kita nginep di Hotel Sunset WestLake Hotel, itu cantik hotelnya karena sebelahnya itu ada Danau yang kalau pagi itu viewnya indah sekali dari jauh.












Karena emang dah cape banget malemnya langsung tidur dan besoknya itu harus langsung kerja. Sekarang teknologi udah canggih ketika berpergian, kita bisa download aplikasi buat pengingat solat waktu setempat dan bisa tunjukkin arah kiblat, sebagai orang IT kita patut tahu dong ^^. As a moslem people in Hanoi we need to selected for our food. Makanan disana juga harus hati-hati dalam memakananya, ya kita kan punya aturan kalau ga boleh makan babi dan alkohol so harus tanya - tanya sama yang jual, ini ga mengandung Babi kan?Besoknya saya pergi ke client dan disana nemu makanan yang namanya Pho artinya Mie, nah saya tanya kan itu babi bukan, dia bilang bukan. Akhirnya , saya berani makan itu tapi ada sedikit sesal ketika sampe Indo ada yang bilang kalau kuahnya ngandung minyak babi. Ya Allah, ngerasa bersalah dan sedih juga tapi yang penting saat itusaya emang gatau dan pas makan saya baca Bismillah dan baca doa, untuk kedepannya itu mengajarkan saya untuk extra hati-hati. Ga semua orang disana bisa kita ajak ngomong Bahasa Inggris, nilai TOEFL 650 juga ga jamin bisa interaksi sama mereka, kita perlu pake bahasa tarzan yang penting mereka ngerti dan satu lagi pake isyarat. hahaha. Disana dapet client yang mayoritasnya adalah orang jepang, seneng campur sedih juga sii. Senengnya well saya suka banget sama Jepang, pengen belajar bahasa jepang dan ini itung-itung pembelajaran gratis, tapi sedihnya mereka komunikasi pake bahasa inggrisnya kurang jadi ya kita bawa penerjemah gitu sii ya mereka kadang autis ngomong sama si penerjemah dan kita yang ga ngerti cuma angguk-angguk tanda bingung. But overall ya mereka baiklah.

Hari itu tepat juga lagi ada festival mooncake disana, jadi kita kebagian kuee dan coklaat. Mereka bagi-bagi coklat dan hadiah, seru rasanya disana.Selama disana hampir tiap hari makan KFC, well itu yang paling bisa diandelin dan yang paling deket sama hotel, dah sempet cari makanan yang halal dan enak lagi tapi susah -____-. Sekarang part jalan-jalannya nih, ga banyak tempat yang sempet dikunjungin karena hari jalan-jalan pas hari sabtu doang dan itu juga dah capeeee banget. Pagi itu kita putusin pergi keMuseum Etnik, dari namanya aja udah gimana gituuuu, pas sampe sana awalnya excited nih pas masuk sana langsung deeeeeeeeeeeer, ngeri nih disana itu bner2 etnik ada
barang -barang zaman dulu yang ngeri gitu, Sempet waktu ngeliling itu ada Tour Guide yang bilang sama pengunjungnya sambil nunjuk sejenis Jaelangkung gitu "We use this to call die poeple , if you miss them" aiiish sama aja kaya di Indonesia, masih ada beberapa orang yang percaya sama yang gituan, merinding juga sii dan langsung buru-buru pulang abis itu. Tapi disana ada banyak gambar tentang Indonesia loh, bangga juga saya, ada wayang gitu dan tarian traditionalnyaa,
Sebelum pulang kita liat atraksi wayang air dulu disana ya lumayan seru sii dan tepatnya itu hal baru yang saya liat.
 


 Setelahnya kita jalan lagi lanjutin ke Museum of Literature , pas sana jam makan siang jadi cari makan dulu kita disana ada Lotteria kebetulan, pas kesana sempet liat video klip vietnam yang menyentuh, liriknya bagus tapi sayang lupa itu lagu apa :(, lagi karena pake kerudung dan itu keliatan aneh di mata mereka, mereka ngeliatin saya terus *beda kalau artis mah :D ..Ada yang sempet tanya itu apa dan client sampe bilang "Could you please assist me how to use that?i am very interesting with that".
Disana pas menuju ke Gereja ya kan lumayan jauh , tadinya mo naik becak aja tuh kan lumayan biasa di Indo dapet lah 5000 - 10000. Pas disana si abang bilang gini  100.000 dong harganya, spontan saya " No laa, too expensive" dan tawar menawar hingga akhirnya dia bilang 40.000 dong, saya tetep gamau 20.000 aja dah bang, tapi si abang maksa kemudian dia bilang 2 Dollar Miss, 2 dollar..Etdah si abang dikira kaga tau apa klo 2 Dollar itu sama dengan 41.000 dong -__________-..Ngakak saya disana sama PM, dia sepanjang jalan terus bilang 2 dollar nov, 2 dollar. Parah abis si abang becak jadi bikin saya jalan tuh ke gereja, saya si cuma liat doang soalnya yang mo ke gereja kan PM saya, abis itu kita lanjut nih ke museum, dengan bermodalkan peta yang diambil dari pesawat Vietnam Air :D kita berjalan menuju sana karena di peta keliatannya deket, jalan lah terus dan itu panaaaaaaaaaaaaas bangeeeeeeeet . Untungnya saya bawa payung dan sepanjang jalan payungan juga tetep aja panas, pas di tengah jalan udah ga kuat tuh sempet berhenti dulu ti cafe buat sekedar minum dulu, terus ada bus lewaaaaaaaat, aaakh harusnya naik bus aja kan yaah :( , tapi yaudahlah siapa tau langsing ....Singkat cerita sampe tuh di Museum Literature, sampe disana tempatnya lumayan bagus dan bunga-bunga disana juga cantik, banyak sekali bunga disana , sempet beli beberapa souvenir dulu disana tuh, karena unik dan saya seneng beli-beli gituan. Museum itu juga dijadiin banyak orang tempat Prewed dan Foto kelulusan karena emang tempatnya bagus.


Disana pas lagi duduk-duduk ketemu orang Vietnam yang dengerin kita ngobrol dan tau kita dari Indo, dia ceritalah pernah ke Jogja buat gambar sama community art seluruh dunia gitu, saya bilang kan kalau disana panas banget pa, dan dia bilang disini juga sama dan Jogja indah yah, wah saya bangga jadi orang Indo ^^v. Akhirnya tempat terakhir adalah pasar buat belanjaaaaaaaaaaaa oleh-oleh, beli baju, dompet dan lain-lain disana, karena bingung makan apa saya makan makanan korea yaitu Gimbab dan Udon, udonnya enaaaak banget masih kebayang-bayang ampe sekarang nih :D. sampe akhirnya pas pulang dah cape banget keliling-keliling kemudian tertidur.

Ga pernah terbayang atau bermimpi bisa kesana sebelumnya, tapi janji Allah itu nyata bahwa semua akan Indah pada waktunya, dia akan memberikan yang terbaik untuk kita, sebelumnya saya tidak berani bermimpi untuk bisa pergi ke luar negeri mengingat keadaan saya, bekerja di Jakarta pun tidak pernah terbayang sebelumnya, hingga seperti ini saya sangat bersyukur kepada Allah SWT dan terima kasih yang tak terhingga kepada Orang tua dan keluarga yang senantiasa mendoakan yang terbaik untuk saya, tanpa mereka saya tidak akan seperti ini.
Next Journey will be Laos, puji syukur saya dapet Project untuk bisa ke Laos sendiri, berjuta rasanya karena memang saya harus pergi sendiri, dapet tanggung jawab yang besar pula, namun saya tahu bahwa Allah tidak akan memberikan sesuatu diluar kemampuan makhluknya, saya yakin saya bisa menjalani semua ini. Everything will pass at the right moment ^^.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

--Sakit Panjang--

Hi...We met again...

Habis Skripsi Terbitlah Tesis~